Sunday, October 7, 2012

Cara melatih softskill

Dalam dunia kerja seorang pekerja dituntut untuk tidak hanya memiliki kemahiran dalam hardskill saja tetapi juga harus memiliki kemahiran dalam bidang softskill.

Apa itu softskill?

Softskill dapat diartikan sebagai sebuah prilaku yang membangun suatu karakter manusia untuk bisa menggunakan EQ(Emotional Intelligence Quotient). Dalam dunia kerja selain hardskill, softskill sangatlah berperan penting dalam pengambilan inisiatif, bisa saling bekerjasama, dan gigih.
 
Pada dasarnya setiap manusia memiliki softskillnya masing-masing hanya saja pengiimplementasiannya yang berbeda atau tidak sama dengan yang lain.

Bagaimana melatih softskill?

Untuk melatih softskill sebenarnya tidak terlalu sulit. Sebenarnya apapun yang kita lakukan tanpa  di sadari kita sedang melatih untuk mengembangkan kemampuan softskill. Bergaul dengan banyak orang merupakan salah satu cara melatih softskill. Bersikap sopan, terlibat aktif dalam suatu organisasi, mampu mengontrol emosi dan dapat mengendalikan diri sendiri dan masih banyak lagi cara untuk melatih softskill.

Ketrampilan Soft Skills                                           
          Ketrampilan berkomunikasi yang efektif
          Inovasi dan kreativitas
          Berpikir analitis
          Fleksibilitas
          Kesiapan untuk berubah
          Memiliki sikap dan nilai-nilai yg benar
          Ketrampilan interpersonnal
          Ketrampilan negosiasi
          Ketrampilan persuasif
          Ketrampilan mengatur waktu
          Kemampuan memecahkan masalah
          Kemampuan beradaptasi
          Kemampuan memimpin dan membangun tim

 pentingnya softskill

Mengapa ?. Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skill saja tetapi juga piawai dalam aspek soft skillnya. Dunia pendidikanpun mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skill dan sisanya 80% oleh soft skill.


sumber :
http://nicokani.blogspot.com/2012/03/softskill.html dan http://andikrachman.blogspot.com/2012/03/soft-skill.html


Pengamatan / Ulasan :

Jadi keberhasilan seseorang dalam suatu pekerjaan tidak hanya ditentukan dari hardskill saja tetapi juga ditentukan oleh kemampuan softskill yang baik. Softskill sendiri memang tidak ada mata pelajaran yang specifik yang membahas mengenai softskill dan cara belajarnya. Tapi softskill itu ada dalam diri kita. Jika kita bersikap atau berperilaku yang baik, sopan santun, ramah kepada orang lain, dan lain lain sebenarnya kita secara tidak langsung melatih kemampuan softskill kita. 





No comments:

Post a Comment