Saturday, October 6, 2012

Etika dan moral

Mungkin sejak kita masih kecil, kita selalu diajarkan tentang yang namanya etika dan moral oleh orang tua kita. tapi sebenarnya apa sih dimaksud dengan etika dan moral itu ?

ETIKA
Etika merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan yang di lakukan manusia untuk dikatakan baik atau buruk, dengan kata lain aturan atau pola tingkah laku yang di hasilkan oleh akal manusia.

Sebagai suatu ilmu maka Etika terdiri atas berbagai macam jenis dan ragamnya antara lain :

1.Etika deskriptif, yang memberikan gambaran dan ilustrasi tentang tingkah laku manusia ditinjau dari nilai baik dan buruk serta hal-hal mana yang boleh dilakukan sesuai dengan norma etis yang dianut oleh masyarakat.

2.Etika normatif, membahas dan mengkaji ukuran baik buruk tindakan manusia, yang biasanya dikelompokkan menjadi :

a.Etika Umum: Yang membahas berbagai berhubungan dengan kondisi manusia untuk bertindak etis dalam mengambil kebijakan berdasarkan teori-teori dan prinsip-prinsip moral.

b.Etika khusus : Terdiri dari etika social, etika individu dan etika terapan.
- Etika social : Menekankan tanggung jawab social dan hubungan antar sesame manusia dalam aktivitasnya
- Etika individu: lebih menekankan pada kewajiban-kewajiban manusia sebagai pribadi.
- Etika terapan adalah etika yang diterapkan pada profesi.


MORAL
Suatu istilah yang digunakan untuk menentukan batas-batas dari ssifat peranlain, kehendak, pendapat atau perbuatan yang secara layak dapat di katakan benar, salah, baik, atau buruk.

Jadi jika pengertian etika dan moral tersebut dihubungkan maka keduanya memiliki persamaan yaitu kedua sama-sama membahas tentang hal baik dan buruknya perbuatan manusia. Namun demikian dalam hal etika dan moral memiliki perbedaan.


Terdapat beberapa pendapat apa yang dimaksud dengan moral.

1.Menurut kamu Kamus Bahasa Indonesia (Tim Prima Pena) : Ajaran tentang baik buruk yang di terima umum mengenaik akhlak-akhlak dan budi pekerti, kondisi mental yang memperngaruhi seseorang menjadi tetap bersemangat, berani, disiplin, dll.

2.Ensiklopedia Pendidikan : Suatu istilah untuk menentukan batas-batas dari sifat-sifat, corak-corak,maksud-maksud, pertimbangan-pertimbangan, atau perbuatan-perbuatanyang layak dapat dinyatakan baik/buruk, benar/salah, Lawannya amoral, Suatu istilah untuk menyatakan bahwa baik-benar itu lebih daripada yang buruk/salah.

Moral di pakai untuk perbuatan yang sedang di nilai, sedangkan etika di pakai untuk system nilai yang Ada.


Sumber :
http://wiki.answers.com/Q/Perbezaan_dan_persamaan_antara_akhlak_etika_dan_moral#ixzz28X5NvecQ 

http://rhainy23.blogspot.com/2012/03/pengertian-moral-dan-etika.html


Ulasan/Pengamatan penulis :

Etika dan Moral sebenarnya berkaitan dan tidak akan terpisahkan dalam kehidupan manusia. Etika dan Moral sendiri saling melengkapi satu sama lain. Dalam perjalan hidup manusia Etika dan Moralitas harus selalu ditanamkan dalam hati dan pikiran setiap orang dan akan selalu ada dan akan tumbuh dalam diri manusia. Jika manusia terus mengasah Etika dan Moralitasnya  maka ia akan dihormati dan segani orang lain.










No comments:

Post a Comment