Thursday, June 20, 2013

Perkembangan Ponsel Dari Masa Ke Masa

Jaman sekarang ini hampir setiap orang memiliki telepon genggam atau yang lebih familiar disebut handphone atau ponsel. kalau bicara perkembangan ponsel mungkin tidak akan pernah berhenti. dari pada membahas perkembangan ponsel yang tidak ada habisnya lebih baik kita mengenal sejarah ponsel dari beberapa dekade terakhir.

Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut – sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.

sekarang kita lihat evolusi ponsel dari tahun 1995 - 2012

1995
Pada tahun 1995 ponsel memiliki ukuran yang sangat besar dan juga tebal, seperti gambar dibawah ini :D. Selain besar dan juga tebal, ponsel juga memiliki antena yang panjang untuk bisa mendapatkan sinyal.
















1996
Di tahun berikutnya 1996, ponsel bentuknya tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Masih memiliki ukuran yang besar dan juga tebal, namun memiliki antena yang lebih pendek dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini, ponsel yang cukup populer adalah Nokia 9000.





1997
Tahun 1997, kamu tak akan menemukan lagi yang namanya antena pada ponsel. Tentu ini membuat ponsel besar dan tebal itu terlihat lebih baik dari sebelumnya. Gambar dibawah ini menunjukkan ponsel khas tahun 1997 dari provider telco AT&T.

















1998
Ternyata pada tahun ini kamu akan mendapatkan ponsel yang berantena kembali, entah kenapa si antena satu ini bisa kembali. Kembalinya si antena ternyata juga membawa hal yang baru, yaitu ponsel disaat tahun 1998 tersedia dengan berbagai warna. Ponsel yang populer kalah itu adalah Nokia 5110.



1999
Era dimana ponsel berukuran besar dan memperlihatkan antena rupanya telah usai pada tahun 1999. Salah satu yang membawa trend ponsel menjadi lebih kecil kala itu adalah Nokia 3210. Dengan antena yang berada di dalam dan juga grafik yang lebih bagus.













2000
Ponsel pertama yang muncul dengan teknologi touchscreen muncul pada tahun 2000. Tentu fitur touchscreen jaman dulu tak sehebat jaman sekarang. Berikut ini adalah ponsel Motorola yang cukup populer pada tahun itu, Motorola menyediakan touchscreen dengan layar yang masih hitam putih.











2001
Pernah dengar tentang ponsel monochrome? Pada masa inilah era ponsel hitam putih telah usai dan digantikan dengan monochrome. Ponsel yang populer kala itu adalah Nokia 8250 dengan bentuk yang kecil dan ramping, serta antena yang telah hilang.
















2002
Teknologi semakin berkembang pesat pada tahun 2002. Ponsel dengan teknologi layar bewarna dan juga adanya kamera telah muncul pada tahun itu. Ponsel dengan kamera adalah kemunculan pertama pada tahun itu, kamu dapat menggunakan kamera untuk memotret. Nokia 7650 adalah ponsel yang pada tahun itu cukup populer, dengan model slidding, kamera 0,3MP dan juga layar yang bewarna.

















2003
Jika sebelum-sebelumnya ponsel hanya memiliki satu layar, pada jaman ini kamu akan menemukan ponsel dengan dua layar. Samsung S300 adalah yang menjadikan trend saat itu, dengan model flip yang disediakan layar dalam dan luar. Layar dalam berfungsi seperti pada ponsel umumnya, layar depan berfungis untuk mengetahui jam dan juga telepon dan pesan yang masuk.














2004
Tahun 2004 adalah kemunculan ponsel tertipis yaitu Motorola V3. Motorola V3 muncul dengan bentuk yang ramping, bentuk flip, dua layar, kamera VGA dan masih banyak fitur lainnya. Ponsel yang berbentuk besar dan juga tebal telah musnah saat itu, ponsel saat itu telah bisa kamu bawa kemana saja di kantong saku atau celanamu. Bukankah ini kemajuan yang sangat pesat?




















2005
Pada tahun 2005, Sony memberikan nuansa baru pada ponsel. Sony meluncurkan ponsel dengan ditambahkannya fitur Walkman, yaitu Sony W800i. Sony W800i saat itu benar-benar dikhususkan untuk pecinta musik, bagaimana tidak? Sony W800i mempunyai tombol pemutar musik, tambahan memory stick, sehingga kamu dapat menikmati musik dimana saja dan kapan saja. Namun tetap bisa digunakan untuk telepon dan sms.


















2006
Era fashion mulai ditambahan kedalam ponsel pada saat itu. Ponsel saat itu menjadi aksesoris yang berperan untuk menandai karakter dari pemiliknya. Salah satu ponsel yang cukup digemari untuk ajang bergaya saat itu adalah LG Chocolate. LG Chocolate memliki desain yang cantik dan juga elegan.















2007
Perusahaan Apple meluncurkan iPhone seri pertamanya pada tahun 2007. Ponsel ini adalah ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi iOS, touchscreen yang canggih dan juga banyak memiliki aplikasi. Memiliki iPhone pada saat itu adalah sebuah kebanggaan.














2008
Tahun 2008 orang-orang telah banyak menggunakan laptop untuk bekerja. Ponsel juga mengalami hal yang sama, karena banyak orang yang setiap hari menggunakan laptop, ponsel QWERTY kemudian muncul. Ponsel pertama QWERTY pada saat itu adalah HTC G1. HTC G1 muncul dengan layar yang lebar dan juga QWERTY, tidak hanya itu saja. Pada saat itu juga Android muncul yang dijadikan sistem operasi untuk HTC G1.
















2009
Masih dengan teknologi QWERTY dan juga touchscreen, namun touchscreen pada saat itu sudah mempunyai resolusi yang tajam dan tinggi. Motorola Milestone adalah ponsel yang membawai hal tersebut. Motorola Milestone hadir dengan touchscreen, QWERTY, OS Android, dan fitur-fitu canggih untuk bekerja.













2010
Pada era saat ini muncul ponsel dengan bentuk yang baru, jika pada saat dulu ponsel berbentuk batu bata sepertinya saat 2010 juga diterapkan. Namun dengan bentuk yang lebih kecil dan juga ringan. Motorola Backflip adalah ponsel dengan bentuk batu bata yang keren. Motorola Backflip memberikan kamu layar yang bisa diputar ke belakang sehingga memudahkan kamu untuk menggunakan touchscreen.















2011
2011 kembali berjayanya era ponsel touchscreen yang mendominasi pasar gadget. Tidak hanya touchscreen, pada tahun 2011 banyak ponsel yang muncul dengan bentuk tipis dan juga ramping. Samsung Galaxy S II adalah ponsel yang mencukup kebutuhan orang-orang pada zaman modern ini. Samsung Galaxy S II dilengkapi dengan fitur kamera 8MP, layar AMOLED, OS Android, tebal ponsel yang kurang dari 1 cm, suport untuk internet, telefon dan juga GPS.

















2012
Pada tahun 2012 kamu akan menemukan Nokia Lumia 800 yang berjalan dengan Windows 7 Mobile Edition. Dengan menggunakan Nokia Lumia 800 kamu serasa menggunakan komputer. Tidak menyangka bukan selama 17 tahun, ponsel berkembang sangat pesat. Dari yang tadinya hanya digunakan sebagai menelefon dan sms, sekarang bisa digunakan untuk GPS, internet, radio, komputer dan tetap masih bisa kamu taruh dalam saku.


















Mungkin di tahun 2013 ini akan semakin banyak jenis - jenis ponsel yang tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja tetapi juga digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia

Sumber :

http://www.pusatgratis.com/aplikasi-mobile/evolusi-ponsel-dari-masa-ke-masa.html

http://blog.politekniktelkom.ac.id/30210045/2012/12/08/sejarah-dan-perkembangan-handphone-dari-masa-ke-masa/



No comments:

Post a Comment